Sukses

Parenting

5 Langkah Biasakan Bayi Tidur Tanpa Disusui

Saat adik bayi bertambah besar, ibu sebaiknya mulai membiasakannya untuk tidur tanpa disusui lagi. Tidak perlu bingung, Ibu bisa mengikuti langkah-langkah seperti yang disarankan livestrong.com berikut ini:

1. Perhatikan tanda-tanda yang biasa dilakukan bayi saat minum susu. Kalau dia tiba-tiba menghisap dengan lebih pelan atau tiba-tiba diam, mungkin adik bayi tertidur. Bangunkan dia dengan menggelitiki kakinya pelan-pelan untuk mengganti popok atau bajunya sebelum dia melanjutkan minum susu dan tidur lagi.

2. Letakkan adik bayi pada tempat tidurnya saat dia masih terjaga atau belum tertidur, tapi letakkan dia saat ia sudah kelihatan mulai mengantuk. Pada hari-hari berikutnya, cobalah meletakkanya pada tempat tidurnya lebih awal dari jam biasanya tapi pastikan bahwa dia sudah mulai mengantuk.

3. Matikan lampu kamar lalu nyalakan lampu tidur untuk memberitahunya bahwa ini saatnya dia tidur. Walaupun secara tidak langsung, tapi jika setiap hari hal ini dilakukan, dia akan mengingat kebiasaan tersebut. Selain itu, mematikan atau menurunkan nyala lampu bisa membuat adik bayi lebih nyaman.

4. Jika bayi sudah menginjak usia sebulan, ibu bisa mengenalkannya dengan dot bayi, jika anak rewel saat diletakkan di tempat tidur

5. Gendong atau temani dia selama beberapa menit jika dia masih rewel. Lalu coba ulangi langkah-langkah diatas dan letakkan kembali adik bayi di tempat tidurnya.

Membiasakan adik bayi tidur sendiri memang membutuhkan waktu yang tidak bisa dilakukan sehari dua hari, jadi bersabarlah.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading