Sukses

Parenting

Aktifitas Menyusui Terganggu Gara-gara Dot Bayi

Memberi ASI eksklusif pada 6 bulan pertama bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayi, Ibu pasti sudah tahu akan hal itu. Mungkin kadang Ibu memberikan dot bayi untuk membuat adik bayi nyaman saat Anda tidak bisa menyusuinya.

Tapi, apa jadinya jika adik bayi terlalu cepat dikenalkan dengan dot bayi? Mari simak penjelasan yang diulas livestrong.com.

Adik Bayi Bingung Antara Dot Bayi dengan Puting Susu Ibu
Karena gerakan mulut saat menghisap dot bayi agak berbeda dengan minum susu langsung dari ibu, bayi Anda bisa saja bingung saat Anda mengenalkan dot bayi terlalu cepat. Hal ini bisa mengganggu aktifitas menyusui. Sebaiknya Ibu mengenalkan dot bayi saat ia sudah disusui selama 1 bulan.

Adik Bayi Malas Disusui
Mengenalkan dot bayi sebelum ia berumur 6 minggu bisa membuatnya malas untuk minum ASI lagi secara rutin atau tidak sesering sebelumnya, dan mulai ingin makan makanan pendamping ASI lebih cepat. Pernyataan tersebut adalah hasil dari Penelitian University of Rochester School of Medicine and Dentristry dan Children’s Hospital Medical Center.

Ibu menghasilkan ASI lebih sedikit
Produksi ASI itu tergantung dari seberap sering bayi minum susu. Jadi, jika bayi minum ASI lebih sering, maka produksi ASI juga semakin meningkat, begitu pula sebaliknya. Lalu, kalau produksi ASI Ibu berkurang, otomatis ibu juga butuh nutrisi tambahan untuk bayi yang bisa didapat dari susu formula, yang artinya Ibu akan semakin jarang lagi menyusui.

Jadi sebaiknya, Ibu menyusui bayi lebih sering dan jangan mengenalkan dot bayi terlalu cepat.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading