Sukses

Parenting

Apakah ASI Juga Bisa Bocor?

Menyusui merupakan proses untuk lebih mendekatkan si kecil dengan ibu. Banyak hal yang dapat terjadi ketika anda menyusui buah hati anda misalnya kelelahan hingga si kecil yang menggigiti puting anda. Termasuk juga banyak hal yang tidak anda ketahui tentang menyusui.

Menurut babycenter.com, salah satu hal yang tak anda ketahui tentang menyusui adalah ASI anda yang bisa bocor. Bocornya ASI ini terjadi karena tubuh anda seperti telah memiliki jadwal untuk menyusui. Jadi, ketika sudah tiba waktu menyusui, ASI anda akan dengan sendirinya keluar.

Lebih lanjut, ASI yang bocor juga dapat disebabkan anda yang mendengar bayi anda menangis atau bahkan bayi siapapun yang sedang menangis. ASI juga akan terangsang keluar saat anda melihat foto dan video bayi anda, bahkan memikirkan bayi anda pun dapat merangsang ASI.

Selain itu, hormon oksitosin juga berperan dalam kebocoran yang terjadi pada ASI anda. Wanita yang baru saja menyapih buah hatinya juga kerap mengalami ASI yang bocor. Bahkan setahun setelah anda menyapih pun terkadang ASI masih dapat keluar.

Sayangnya, timbulnya bercak basah pada baju anda sangatlah mengganggu dan membuat anda malu. Untuk mencegah timbulnya bercak basah, anda dapat menggunakan alas khusus menyusui pada bra anda. Sehingga meskipun ASI bocor, tidak akan menimbulkan bercak basah.

Oleh Lies Nureni

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading