Sukses

Parenting

Bakar Kalori dengan Menyusui!

Manfaat menyusui bagi bayi, Anda pasti sudah tahu ya? Tapi tahukah Anda jika ibu menyusui juga memperoleh manfaat yang banyak dari menyusui? Tidak hanya mengembaikan organ kewanitaan yang melar akibat kehamilan, bahkan, menyusui dengan diiringi pola makan sehat akan berguna sebagai sarana olahraga — membakar lemak Anda!

Menyusui merupakan sebuah tugas yang cukup melelahkan. Dalam satu hari, ibu menyusui dapat membakar sejumlah besar kalori. Besarnya kalori ini bervariasi tergantung pada seberapa sering Anda menyusui dan seberapa banyak ASI yang keluar. Ketika bayi sudah lebih besar dan frekuensi menyusui sudah semakin berkurang, maka kalori yang Anda bakar juga lebih sedikit.

Namun, jangan senang dulu. Seperti yang dilansir dalam situs modernmom.com, salah satu faktor penting dalam pengurangan kalori ini adalah pola makan Anda. Diibaratkan seorang atlet yang harus menjaga pola makannya, maka ibu juga wajib makan makanan yang baik untuk menjamin keberhasilan menyusui, plus memberi manfaat plus bagi tubuh Anda.

Eits, tapi Anda juga perlu ingat bahwa diet sehat adalah penurunan berat yang bertahap dan tidak drastis. Memang Anda merasa tidak nyaman dengan semua ekstra lemak itu, namun mengorbankan kesehatan anak sangatlah tidak bijak. Diet ketat akan mengakibatkan penurunan produksi ASI.

Bersumber dari CBS News, situs ini juga mengingatkan bahwa pembakaran lemak tidak selalu berarti penurunan berat badan. Pembakaran lemak tubuh ini menyebabkan ibu menyusui lebih mudah lapar, dan berhati-hatilah, karena bisa mengarahkan Anda pada makan yang berlebihan—malah akan menambah berat badan Anda.

Oleh: Zurriat Nyndia

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading