Sukses

Parenting

Banyaknya Bayi Buang Air Umur 1 Tahun

Apakah Anda sering menggunakan susu formula untuk mengganti ASI? Jika benar demikian, sebenarnya si Bayi akan lebih jarang buang air besar daripada bayi yang diberi ASI. Nah, kenapa bisa demikian? Mari kita telusuri lebih jauh penyebabnya.

Menurut penelitan yang dicatat oleh babycenter.com, susu formula lebih lama dicerna daripada ASI langsung dari sang Ibu. Hal ini akan membuat si Bayi lebih lama buang air daripada saat memberinya nutrisi ASI.

Biasanya, bayi akan sering buang air baik kecil atau pun besar hingga setiap jamnya satu kali. Wah, bisa sering mengahabiskan popok ya. Tapi kalau untuk penggunaan susu formula, biasanya hanya beberapa kali saja dalam satu hari.

Kalau masih dalam masa-masa awal paska kelahirnnya, memang si Bayi sering buang air kecil dengan warna hitam pada urinnya. Karena memang ia belum mendapat pasokan makanan utuh seperti ASI selama dalam kandungan.

Untuk hal seperti ini, memiliki istilah medis meconium. Kalau buang air besar, terkadang memiliki warna seperti hijau, coklat muda, terkadanga juga kuning. Ya, tidak mungkin sama dengan orang dewasa.

Nah, Kalau begitu, Anda tidak perlu kaget lagi jika menemukan kejadian-kejadian seperti ini, ketika bayi baru lahir sekitar satu atau dua hari. Karena semua hal ini sebenarnya sangat wajar terjadi.

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading