Sukses

Parenting

Menyusui Buat Anak Memiliki Paru-Paru yang Kuat

Menyusui ternyata bisa membuat paru-paru anak menjadi sehat. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa anak yang mendapatkan ASI eksklusif lebih tidak berisisko terkena asma dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Sebuah penelitian yang akhirnya diterbitkan pada American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine menemukan bahwa ASI eksklusif akan membuat anak memiliki paru-paru yang sangat baik. Hal tersebut bisa terlihat dari besarnya volume paru-paru yang dimiliki oleh anak-anak tersebut.

Seperti dilansir oleh naturalnews.com bahwa paru-paru yang memiliki volume besar merupakan tanda-tanda dari paru-paru yang sehat dan tidak memiliki kecenderungan terkenan serangan asma. Bahkan hasil dari penilitian ini membantah pernyataan bahwa penyakit asma bisa diturunkan dari ibu ke anak melalui ASI.

Pasalnya, beberapa dari anak yang termasuk dalam penelitian tersebut memiliki ibu yang menderita asma. Setelah mendapatkan ASI eksklusif pada saat anak-anak, mereka pun tumbuh dengan cukup sehat tanpa adanya gangguan asma sama sekali.

Selain itu penelitian ini pun juga menunjukkan bahwa bayi yang kurang mendapatkan suplai ASI ternyata lebih berisiko dengan masalah pernafasan. Bahkan 50 persen dari mereka mengalami masalah pernafasan yang cukup kronis.

Bahkan anak yang hanya minum susu formula juga sangat berisiko mengalami penyakit kronis pada saat dewasa. Hal ini tentu saja lagi-lagi menjadi panggilan untuk terus memberikan ASI eksklusif kepada anaknya.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading