Sukses

Parenting

Olahraga dan Pengaruhnya Terhadap Bayi yang Disusui

Olahraga merupakan hal yang penting bagi semua orang tak terkecuali ibu menyusui. Jalan sehat biasanya paling sering dipilih sebagai olahraga yang paling mudah dan murah. Akan tetapi ada juga ibu yang memilih untuk melakukan olahraga seperti voli, bulu tangkis, dan banyak lainnya.
Kegiatan olahraga ini tentu memiliki efek bagi Anda seperti menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan, mengurangi stress, menjaga berat badan, menjaga kekuatan tulang Anda, dan lain sebagainya.


Apakah Anda enggan untuk berolahraga karena khawatir kegiatan olahraga yang Anda lakukan tersebut dapat mempengaruhi buah hati Anda? Padahal, banyak ibu yang ingin giat berolahraga demi mengurangi berat badan dan membentuk tubuh usai melahirkan.


Seperti dilansir dari breastfeeding.asn.au, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar ASI akan meningkat jika ibu berolahraga secara berlebih. Jika Anda berolahraga secukupnya saja hal tersebut tak akan mengganggu Anda dan buah hati Anda saat menyusui karena olahraga yang cukup tak akan mempengaruhi jumlah ASI, mineral dalam ASI (kalsium, fosfor, magnesium, kalium, dan sodium), nutrisi dalam ASI (lemak, protein, dan lactose).


Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa berolahraga saat aktif menyusui tak akan mengganggu pertumbuhan bayi. Ibu yang kelebihan berat badan dan berencana untuk berolahraga bisa berolahraga tanpa perlu khawatir akan mempengaruhi pertumbuhan anak.
Nah, masih takut untuk berolahraga? Yuk, olahraga tubuh bugar akan membuat Anda lebih percaya diri untuk menyusui buah hati Anda!

Oleh: Atik Ulinuha 

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading