Sukses

Parenting

Manfaat Senam Kegel Bagi Ibu Hamil

Senam kegel adalah salah satu kegiatan yang sangat disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil. Mengapa begitu? Seperti yang dilansir dari laman babycenter.com, senam kegel memberi banyak manfaat bagi ibu hamil, terutama untuk memudahkan proses persalinan.

Senam kegel adalah latihan kontraksi kecil yang terjadi di dalam otot dasar panggul yang menguatkan uretra, kandung kemih, rahim, dan dubur.

Beberapa manfaat senam kegel bagi ibu hamil adalah:

Pertama, senam kegel berguna untuk menguatkan otot-otot dasar panggul sehingga sirkulasi darah di sekitar daerah vagina dan dubur berlangsung lebih lancar. Dengan otot panggul yang kuat, waktu mengejan yang dibutuhkan oleh ibu hamil ketika melahirkan lebih singkat.

Manfaat kedua senam kegel bagi ibu hamil adalah untuk membantu menjaga hemorrhoid.

Manfaat ketiga senam kegel bagi ibu hamil adalah untuk mempercepat penyembuhan episiotomy yang dirasakan ibu hamil selama proses persalinan.

Bagaimana cara melakukan senam kegel? Senam kegel cukup mudah dilakukan, yaitu dengan cara ketatkan otot-otot di sekitar vagina seperti saat ladies ingin menahan buang air kecil. Tahan hingga hitungan ke empat, lalu lepaskan.

Ulangi kegiatan tersebut hingga 10 kali. Lakukan sebanyak 3 kali perhari.

Karena mudah untuk dilakukan, ladies dapat melakukan senam kegel di mana saja, misalnya saat duduk sambil menonton tivi maupun membaca santai.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading