Sukses

Parenting

Penyebab Sembelit Saat Hamil

Ladies, seperti yang sudah kita ketahui, bagaimana seorang ibu hamil akan merasakan beberapa perubahan saat hamil. Misalnya pertambahan berat badan yang drastis, pembengkakan di bagian kaki, belum lagi morning sickness.

Wah, semua ini tentu menuntut ibu untuk cepat beradaptasi. Apalagi untuk mereka yang baru pertama kali mengandung si Kecil. Butuh penyesuaian-penyesuaian lagi. Namun Ladies, tenang ya, semua pengorbanan ini akan terbayar nantinya ketika melihat si Kecil setelah dia lahir.

Nah, beberapa mungkin kurang familiar dengan yang fakta yang satu ini. Ternyata, ibu hamil akan cenderung mengalami sembelit atau susah buang air besar di saat-saat tertentu selama kehamilan. Babycentre.co.uk melaporkan ada 40% wanita hamil yang mengalami konstipasi atau sembelit ini.

Selain itu, menurut americanpregnancy.org, secara umum, perasaan khawatir, gelisah, dan juga kurangnya olahraga akan menyebabkan terjadinya sembelit ini. Ditambah lagi kalau misalnya si Ibu kurang mengkonsumsi serat, sembelit akan semakin rentan terjadi.

Memang ada beberapa hal yang bisa menyebabkan sembelit ketika hamil. Diantaranya karena diproduksinya hormon yang membuat otot-otot dalam usus besar semakin lamban bekerja.

Selain itu juga disebabkan oleh tekanan dari uterus yang semakin besar. Tekanan ini akan mengenai rektum. Rektum adalah bagian ujung dari usus besar dimana kotoran dikumpulkan sebelum akhirnya dikeluarkan.

Proses yang semakin lamban inilah yang menyebabkan makanan jadi lebih lambat diproses. Nah, kalau sudah begini, sembelit pun bisa sering terjadi.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading