Sukses

Parenting

Hamil Diatas Usia 35 Tahun, Masalahkah?

Meskipun ada sebuah pepatah berkata “Age ain’t nothing but a number” yang artinya umur bukanlah suatu hal yang perlu dipermasalahkan, umur hanyalah angka, bukan berarti Anda tidak harus berbuat apa – apa di usia Anda yang sudah tidak muda lagi. Mengapa? Hal itu karena banyak penelitian mengungkapkan bahwa risiko gangguan kesehatan pada seorang wanita meningkat seiring dengan bertambahnya usianya, dan hal itu termasuk juga pada risiko terhadap kehamilan.

Berikut ini adalah beberapa risiko yang dapat dialami seorang wanita yang sudah menginjak usia 35tahun dan berencana hamil yang sudah dirangkum oleh situs blog.womenshealthmag.com.

1. Penurunan kesuburan

Tentu saja tingkat kesuburan wanita usia 25tahun lebih baik daripada wanita usia 35tahun. Dan oleh sebab itu, jika Anda sudah menginjak usia 35tahun dan berencana memiliki seorang anak, maka bisa jadi prosesnya akan susah dan lama.


2. Kelainan genetika pada bayi

Meskipun seorang wanita usia 35tahun terlihat sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan apapun, bukan berarti kehamilan yang dia jalani akan baik – baik saja. Karena kualitas sel telur yang dia hasilkan tidak bisa maksimal. Hal itulah yang dapat menyebabkan kelainan genetika pada bayi yang dikandungnya.


3. Risiko gangguan kehamilan

Risiko gangguan kehamilan seperti diabetes, darah tinggi selama masa kehamilan jauh lebih besar bagi ibu diatas usia 35tahun. Hal itu bukan hanya membahayakan si ibu hamil tapi juga bayi dalam kandungannya.


4. Proses persalinan susah

Dibandingkan dengan ibu hamil yang masih berusia muda, seorang ibu hamil yang menginjak usia 35tahun akan menjalani proses persalinan yang jauh lebih lama. Bahkan, seringkali mereka harus menjalani proses operasi.

Semoga bermanfaat ya Ladies.

Marintan Widi Lestari

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading