Sukses

Parenting

Bahaya Kelahiran Prematur

Ladies pasti paham bahwa kelahiran premature adalah kelahiran yang terjadi lebih awal dari waktu yang seharusnya. Normalnya, bayi berada dalam rahim ibu selama kurang lebih 9 bulan 10 hari atau 37 minggu. Namun, pada kelahiran premature, bayi lahir sebelum usia kandungan mencapai 37 minggu.

Kebanyakan bayi premature lahir ketika usia kandungan masih menginjak 7 atau 8 bulan. Penyebab kelahiran premature bermacam-macam. Seperti si ibu yang mengalami sebuah penyakit tertentu sehingga harus melahirkan premature agar tidak semakin membahayakan si ibu dan bayi. Selain itu, kelahiran premature bisa terjadi secara spontan karena tiba-tiba air ketuban ibu hamil pecah.

Seperti yang dikutip dari babycenter.com, bayi yang kahir premature rentan mengalami masalah-masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang berpeluang diderita oleh bayi yang lahir premature adalah:
1. Gangguan pernafasan
2. Cacat otak
3. Gangguan pada sistem syaraf
4. Gangguan pada sistem pencernaan
5. Penyakit pari-paru
6. Gangguan indera pendengaran dan penglihatan
7. Dan keterlambatan dalam pertumbuhan dan perkembangan jaringan tubuh

Selain itu, bayi yang lahir secara premature juga akan kesulitan mempertahankan suhu tubuh mereka. Bayi-bayi premature juga sulit menerima makanan yang masuk ke dalam tubuh mereka.

Oleh karena bayi premature sangat rentan terhadap berbagai macam gangguan kesehatan, maka bayi premature yang baru lahir langsung dirawat di Neonatal Intensive Care Unit (NICU) untuk mendapat perawatan ekstra.

Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading