Sukses

Parenting

Air Ajaib Bernama Ketuban

Air ketuban adalah isu yang melekat pada kehamilan. Tentu wajib bagi ibu hamil ya untuk mengetahui air ketuban. Apakah Ladies sudah tahu sebenarnya apa itu air ketuban?

Dijelaskan dalam kamuskesehatan.com bahwa air ketuban (liquor amnii) adalah cairan yang bening agak kekuning-kuningan yang mengelilingi bayi yang belum lahir (janin) selama kehamilan. Cairan ini terkandung dalam kantung ketuban.

Jadi Ladies, saat sedang hamil, dalam perut sang Ibu terdapat cairan ketuban. Dan di sinilah si bayi tumbuh dan berkembang. Seperti yang dilansir dari ayahbunda.co.id, selama 9 bulan janin 'berenang' dalam kantung tipis mirip balon berisi cairan. Cairan inilah yang disebut air ketuban.

Cairan ketuban ini bertambah volumenya seiring dengan usia kehamilan yang membesar. Menurut www.parenting.co.id, saat usia kehamilan 25 minggu, rata-rata volume air ketuban di dalam rahim 239 ml, yang kemudian meningkat menjadi 984 ml pada usia kehamilan 33 minggu. Air ketuban yang terlalu sedikit (oligohidramnion) maupun yang terlalu banyak (polihidramnion) membahayakan keadaan ibu dan janin.

Apa saja sih kandungan air ketuban ini? Merunut penjelasan dalam gedebooksupplier.blogspot.com, komposisi air ketuban ini terdri dari 98% air, sisanya adalah albumin, urea, asam urik, kreatinin, dan garam organik. Dengan adanya zat-zat kimiawi ini, air ketuban berfungsi sebagai 'guardian' alias perisai imunitas bagi si janin lho!

Unik ya Ladies? Sebenarnya, masih banyak fungsi air ketuban lainnya. Tapi, pada kesempatan berikutnya ya.

Oleh: Asizah

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading