Sukses

Parenting

Sebab-Akibat Air Ketuban Terlalu Sedikit

Pada saat hamil, Ladies akan terbiasa dengan pengecekan volume air ketuban. Pemeriksaan ini penting untuk mengetahui apakah volume air ketuban Ladies normal, yakni sekitar 1000 cc/ 10-20 cm, seperti yang disebutkan di parenting.co.id. Jika air ketuban ladies di bawah 5 cm, inilah masa Ladies kekurangan air ketuban atau disebut oligohidramnion. Munculnya kasus air ketuban terlalu sedikit ini terkadang membingungkan ibu hamil. Bahayakah?

Ladies, air ketuban berfungsi untuk kecukupan nutrisi dan oksigen si kecil. Oligohidramnion ini bisa terjadi akibat dinding ketuban pecah atau bocor, penyakit si ibu hamil (seperti darah tinggi, diabetes), kelainan kerja ginjal si janin (janin mengeluarkan urin terlalu sedikit, padahal urin juga pasokan air ketuban). Penyebab lain adalah plasenta yang bermasalah serta usia kehamilan yang melewati waktu atau lebih dari 9 bulan.

Jika seorang ibu hamil mengalami oligohidramnion, maka si janin akan beresiko lahir prematur. Jika kekurangannya sudah sangat parah dan tidak segera ditangani akan menyebabkan keguguran. Bila oligohidramnion terjadi pada trimester kedua, pertumbuhan janin akan terganggu. Pada kasus oligohidramnion saat menjelang proses melahirkan, proses persalinannya akan cukup lama.

Untuk menjaga agar volume air ketuban Ladies pada level aman, banyak makan makanan sehat, cukup istirahat, dan stop merokok.

Oleh: Asizah

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading