Sukses

Parenting

Apa itu Kelainan Rahim?

Samakan kelainan rahim dengan kanker rahim? Mungkin pertanyaan ini berputar di benak Ladies saat mendengar kata kelainan rahim. Faktanya, kelainan rahim bukan atau berbeda dengan kanker rahim.

Laman anneahira.com menjelaskan yang disebut dengan kelainan rahim adalah kondisi organ yang berhubungan dengan bentuk rahim yang tidak normal, jumlah rahim, serta letak bagian tertentu pada rahim. Sementara itu, kanker rahim lebih disebabkan oleh sel kanker yang tumbuh di rahim.

Dijelaskan dalam anakku.net, rahim wanita normal biasanya berbentuk seperti alpukat atau pir dengan ukuran 7,5 x 5 x 2,5 cm dan beratnya sekitar 30-50 gram. Namun, ada sekitar 3% dari seluruh wanita yang memiliki bentuk rahim yang berbeda. Kelainan ini memang ada yang berbahaya dan ada yang tidak, serta bisa saja mempengaruhi kesuburan atau tidak, bergantung pada kasusnya.

Yang penting, bagaimana mengetahui apakah Ladies bentuk dan fungsi rahim yang normal? Untuk ini, ada beberapa cara yang biasa digunakan praktisi medis.

Pertama, histerosalfingografi, yaitu dengan memasukkan cairan kontras dalam saluran reproduksi untuk melihat bentuk rahim. Selanjutnya, ada Magnetic Resonance Imaging (MRI). Alat ini dapat melihat rongga rahim, namun lebih mahal. Ketiga adalah USG tiga dimensi yang dapat memberikan informasi tentang bentuk rahim Anda.

Terkadang, kelainan pada rahim bisa juga dideteksi dengan gejala seperti ibu yang sering mengalami keguguran atau wanita yang tidak pernah haid dan atau haid yang sangat sedikit. Namun, ilmu kedokteran sendiri juga menjelaskan bahwa deteksi kelainan rahim melalui cara ini memang kurang begitu akurat.

Oleh: Asizah

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading