Sukses

Parenting

Macam-macam Kelainan Rahim

Ladies, ada baiknya Anda tahu lebih banyak tentang rahim dan kelainannya, khususnya jika Anda sedang siap-siap mau punya momongan. Pengetahuan ini penting karena situs anakku.net menyatakan bahwa banyak sekali ragam kelainan rahim, baik bentuk maupun letaknya, dan masing-masing kelainan ini punya potensi berbeda terhadap keberhasilan kehamilan Anda.

Laman anneahira.com merinci bahwa jenis kelainan rahim ada yang disebut kelainan kongenital dan kelainan letak uterus. Kelainan pertama merupakan bawaan dan deteksi dini masih sulit dilakukan. Bentuk kelainan kongenital antara lain tidak memiliki rahim, memiliki dua rahim, rahim tidak tumbuh/kecil, bentuk rahim menyerupai hati, rahim bertanduk atau rahim bersekat.

Jenis kelainan rahim tertentu dapat menghambat kehamilan, misalnya saja rahim berbentuk hati. Tindakan yang digunakan untuk mengatasi hal ini bisa dengan cara operasi untuk menghilangkan tonjolan pada rahim.

Di samping kongenital, ada juga kelainan letak uterus. Seperti Ladies ketahui, posisi rahim yang normal terletak di bagian tengah rongga panggul serta bagian uterus paling atas menghadap ke depan.

Kelainan yang terjadi bisa berupa hyperretofleksi (letak uterus terlalu ke belakang), perut gantung (uterus yang terlalu menonjol ke depan), prolapusu uterus (uterus yang menonjol di vagina jadi posisinya turun) dan inversion uteri (uteris terbalik ke bawah).

Banyaknya kelainan rahim ini hendaknya membuat Ladies berpikir lebih bijak dan cermat jika ada kasus pasangan yang belum segera memiliki momongan. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Oleh: Asizah

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading