Sukses

Parenting

9 Gerakan Olahraga Ringan Saat Hamil (Part II)

Dengan berolahraga saat hamil, akan membantu meningkatkan kekuatan, menguatkan otot, dan siap untuk persalinan. Berikut lanjutan artikel sebelumnya yang telah membahas 3 gerakan olahraga ringan yang bisa dilakukan ibu hamil, seperti yang disampaikan mayoclinic.com:

4. Step up

Untuk melakukan ini, anda perlu bantuan alat yang bisa digunakan sebagai pijakan. Atau, anda bisa berdiri di depan tangga. Jika perlu, posisikan diri dekat dengan dinding atau pegangan tangga agar lebih aman.

Langkahkan kaki kanan ke tangga dan angkat badan mengikuti langkah kaki. Ulangi gerakan sebanyak mungkin, tergantung kebugaran anda dan berhentilah ketika sudah merasa lelah.

5. Side planks

Untuk melakukan gerakan ini, rebahkan tubuh dengan posisi tubuh miring dan angkat badan menggunakan lengan kiri. Letakkan bahu kuru tepat diatas siku kiri. Jaga agar bahu, pinggu dan lutut tetap sejajar.

Istirahatkan lengan kanan sepanjang disepanjang tubuh. Tahan selama beberapa detik kemudian turunkan tubuh anda. Ulangi secara bertahap sampai 10 kali dan lakukan hal yang sama untuk sisi yang lain. Gerakan ini dapat membantu stabilitas tubuh dan menguatkan otot pada sisi tubuh.

6. Supported v-sit

Anda bisa menggunakan Bosu Balance Trainer untuk menyangga tubuh ketika melakukan gerakan ini. Duduk lah di lantai dengan punggung bersandar pada trainer. Ratakan kaki dengan lantai dan angkat tangan, luruskan, sejajar dengan lain.

Angkat kaki kanan hingga sejajar dengan lantai. Tahan posisi sampai beberapa detik, kemudian kembali lah ke posisi semula. Ulangi sampai 10 kali dan lakukan gerakan yang sama pada kaki kiri.

Oleh: Handayani Rahayuningsih

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading