Sukses

Parenting

4 Langkah Menyapih Bayi

Bunda, apakah Anda tidak tega menyapih sang buah hati? Padahal Anda harus kembali bekerja? Jangan khawatir, kali kita akan membahas 4 langkah menyapih bayi dengan kasih sayang yang dikutip dari parents.com. Yuk, kita simak!

1. Tengok kalender
Menyapih bayi mungkin memakan waktu yang agak lama. Kira-kira sekitar sebulan, namun Mom harus bersabar. Lagi pula, jika menyapih bayi terlalu cepat, bisa-bisa payudara Anda terinfeksi mastitis yang menyakitkan.

2. Berkonsultasi dengan dokter
Anda harus berkonsultasi dengan dokter yang akan memberikan Mom saran tentang kapan tepatnya bisa memberikan susu formula. Biasanya bayi yang sedikit lagi berumur 1 tahun sudah disarankan minum susu sapi formula.

Yang paling penting adalah mempertimbangkan si kecil mendapatkan nutrisi yang terbaik untuk perkembangannya.

3. Pertimbangkan usia anak
Jika Mom ingin menyapih bayi pada saat dia berusia 3 bulan, akan sangat berbeda kejadiannya dengan menyapihnya pada saat usianya menginjak setengah tahun. Mom harus mempertimbangkan perkembangannya dahulu sebelum memutuskan untuk menyapih.

4. Mulai menggunakan botol
Mulailah mengganti pemberian ASI dari dalam botol atau cangkir. Awali dengan seminggu pertama memberikannya dalam botol atau cangkir, kemudian kurangi menjadi 2 hari sekali hingga dia sama sekali tidak perlu minum ASI.

Nah Mom, siapkah Anda menyapih si kecil?

Oleh: Kustin Ayuwuragil D.

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading