Sukses

Parenting

Kondisi Ibu Hamil yang Menyebabkan Cacat Kandungan

Beberapa penyakit kronis ibu hamil dapat mempengaruhi kehamilan. Sebaiknya, kondisi ini ditangani sebelum proses kehamilan, karena beberapa obat sangat berakibat tidak baik untuk janin.

Berikut, beberapa penyakit yang dapat menyebabkan cacat kandungan yang dilansir oleh aboutkidshealth.ca:

1. Asma
Ketika ibu hamil mengalami masalah pada pernafasan, akan menyebabkan kurangnya oksigen jumlah oksigen yang diterima bayi. Padahal, oksigen sangat dibuthkan bayi.

2. Kanker
Kanker adalah penyakit dimana sel-sel tertentu dalam tubuh berkembang secara liar, membentuk tumor, dan menyebar keseluruh tubuh. Kemo terapi yang bertujuan untuk melemahkan sel-sel kangker dapat menyebabkan cacat bawaan pada bayi.

3. Diabetes
Kehamilan pada wanita dengan diabetes, sangat beresiko tinggi. Jika diabetes tidak segera ditangani pada kehamilan, itu dapat menyebabkan keguguran, hipertensi, dan cacat kelahiran.

4. Anorexia dan bulimia
Anorexia dan bulimia adalah gangguan kejiwaan, obsesi ingin menjadi sangat kurus. Obat pencahar dapat merusak perkembangan bayi dan tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan. Malnutrisi pada janin dapat menyebabkan pertumbuhan janin yang buruk dan berat badan tidak normal.

5. Epilepsi
Epilepsi adalah kalainan pada syaraf yang menyebabkan kejang-kejang tak beralasan. Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati epilepsi sangat membahayakan perkembangan janin.

6. Penyakit jantung
Selama persalinan, volume dalam darah meningkat secara drastis untuk memenuhi perkembangan bayi. Hasilnya, jantung akan bekerja lebih keras dalam memompa darah. Kondisi bayi akan sangat dipengaruhi oleh keadaan jantung sang ibu.

Handayani Rahayuningsih

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading