Sukses

Parenting

Penyebab Kelainan Bawaan Pada Bayi

Teratogen adalah faktor yang menyebabkan kelainan bawaan, seperti yang dilansir pada www.aboutkidshealth.ca. Biasanya kelainan bawaan ini muncul pada tiga sampai delapan minggu umur kehamilan, ketika sistem organ inti terbentuk. Contoh dari teratogen adalah beberapa bahan kimia, obat, asap rokok, alkohol, dan narkoba.

1. Bahan kimia dan obat

Sulit untuk menentukan bahan kimia atau obat apa yang menyebabkan kelainan bawaan. Ini dikarenakan banyak ibu hamil yang mengkonsumsi obat selama masa hamil. Banyak penelitian yang berdasar pada ingatan sang ibu, obat apa yang dia konsumsi selama hamil.

Salah satu pengecualian adalah thalidomide, sebuah obat yang digunakan untuk mengurangi muntah-muntah pada pagi hari. Ditemukan pada tahun 1960-an bahwa obat tersebut tenyata menyebabkan tidak adanya bagian atau seluruh kaki atau tangan.

Masih banyak lagi obat-obatan dan bahan kimia lainnya yang menyebabkan cacat bawaan pada bayi. Jadi ladies, sebelum mengkonsumsi suatu obat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

2. Alkohol, asap rokok, dan narkoba

Kelainan kehamilan yang disebabkan oleh alkohol dapat berupa kurang sempurnanya bentuk wajah, lengan, dan kaki, kondisi jantung, keterbelakangan mental, terhambatnya pertumbuhan janin. Umumnya, anak yang lahir dari seorang ibu peminum berat, mereka akan mengalami masalah dalam pikiran, ingatan, dan masalah perilaku.

Asap rokok dapat mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan janin dan kelahiran prematur. Asap roko juga dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan otak, sistem kardiovaskular, dan sistem pernafasan.

Sedangkan narkoba, dapat menyebakan bayi lahir dengan berat badan tidak normal, kelahiran prematur, gula darah rendah, rendahnya kalsium dalam darah, atau infeksi darang yang disebut sepsis.

Handayni Rahayuningsih

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading