Sukses

Parenting

Waspada, Stress Sebabkan Kelainan Kehamilan

Congrats ya Ladies atas kehamilannya. Nah untuk memberikan perhatian terbaik bagi calon baby Ladies, banyak hal yang harus Ladies ketahui loh tentang kehamilan. Mungkin Ladies sering mendengar orang–orang sekitar berkata kalau hamil, sebisa mungkin dijaga pikirannya agar tidak stress, pamali katanya.

Ternyata mitos yang sering dibilang orang itu ada bukan tanpa alasan loh Ladies. Menurut penelitian, ditemukan adanya pengaruh buruk dari stress yang dialami seorang ibu hamil dengan perkembangan janinnya.

Menurut sebuah artikel yang dilansir news.bbc.co.uk stress atau depresi yang dialami ibu hamil dapat menyebabkan kelainan pada perkembangan janin yang sedang dikandungnya. Penelitian – penelitian sebelumnya menyimpulkan bahwa stress yang dialami seorang wanita selama masa kehamilan karena beberapa hal seperti PHK, perceraian atau kehilangan keluarga dapat menyebabkan kelainan pada bayi seperti bibir sumbing.

Untuk membuktikan lebih jauh kesimpulan penelitian di atas, sekelompok peneliti asal Denmark pimpinan Dr Dorthe Hansen merancang sebuah tes. Tes tersebut membandingkan 3560 wanita yang mengalami gangguan emosi yang menyebabkan stress seperti perceraian, masalah keuangan hingga kematian salah satu saudara dengan 20299 wanita yang tidak mengalami gangguan seperti itu selama kehamilan mereka.

Dari tes di atas terlihat bahwa 3560 wanita hamil yang mengalami gangguan emosi selama hamil memiliki risiko 2 kali lipat lebih besar mengalami kelainan pada kehamilan mereka. Risiko yang ditimbulkan gangguan emosi seperti stress terhadap janin tidak hanya terbatas pada terjadinya gangguan perkembangan pada janin atau terjadinya cacat. Para peneliti menemukan bahwa stress yang terlalu dapat berakibat kematian pada janin.

Meski tidak ada satu manusia pun yang tidak lepas dari masalah, Ladies hendaknya memiliki manajemen emosi lebih baik agar janin yang sedang Ladies kandung berkembang sempurna.

Marintan Widi Lestari

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading