Sukses

Parenting

Kapan dan Berapa Lama Waktu Yang Tepat Untuk Menyusui?

Bayi yang baru saja lahir sebaiknya segera dikenalkan dengan payudara ibu, paling tidak satu setengah jam setelah kelahiran. Dengan dikenalkan pada payudara, bayi akan belajar untuk menyusu. Untuk pertama kali, mungkin bayi akan membutuhkan bimbingan untuk mencapai puting dan akhirnya akan menyusu untuk pertama kali.

Bayi yang baru lahir mungkin akan lebih sering memerlukan ASI, yaitu sekitar dua setengah sampai tiga jam sekali. Laman aboutkidshealth.ca menyebutkan bahwa pada minggu-minggu awal kelahiran, berikan ASI maksimal tiga jam sekali. Meskipun bayi anda sedang tidar, cobalah untuk membangunkannya. Hal itu bermanfaat untuk merangsang payudara memproduksi lebih banyak ASI.

Ketika bayi anda menunjukkan tanda-tanda lapar seperti mulutnya bergerak-gerak atau tangannya brada di mulut, sebaiknya anda segera menyusuinya. Cobalah untuk menyusuinya sebelum bayi anda menangis karena dia tidak akan berkonsentrasi pada ASI yang ladies berikan ketika dia sedih.

Ketika bayi sudah terlanjur menangis, dia tidak akan dengan sabar mencari puting anda meskipun sudah anda tempelkan pada mulutnya. Dengan demikian, anda juga harus lebih sabar dalam menyusui si kecil.

Biarkan bayi anda menyusu selama mungkin yang dia mau pada proses menyusui pertama kali, jadi dia akan menerima lebih banyak susu yang kaya akan kalori. Untuk selanjutnya, lakukan dengan cara yang sama, karena ketika sudah kenyang, bayi akan dengan sendirinya melepaskan puting yang berada dalam multnya.

Handayani Rahayuningsih

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading