Sukses

Parenting

Tradisi Pernikahan Islam di India

Di India, jumlah pemeluk agama Islam adalah yang terbesar kedua setelah agama Hindu. Tata cara pernikahannya menuruti konvensi pernikahan Islam seperti yang diterapkan di negara-negara Timur Tengah. Tetapi menurut wikipedia.com, upacara pernikahan Islam di India berlangsung selama tiga hari.

Sebelum upacara pernikahan, pengantin wanita dilukis dengan menggunakan henna di rumahnya sendiri pada kaki dan tangan oleh salah seorang sanak keluarga. Selain itu, akad nikahnya sendiri cukup sama dengan upacara pernikahan Islam di Indonesia sesuai dengan tata cara yang telah diatur oleh agama Islam, termasuk ijab kabul dengan ditemani wali, saksi dan mas kawin. Namun selain mas kawin, biasanya mempelai wanita juga menerima hadiah sendiri yang dikenal dengan burri, biasanya dalam bentuk perhiasan, pakaian, atau uang tunai.

Setelah akad nikah, masing-masing mempelai dipisahkan duduknya agak jauh dan hanya dapat melihat satu sama lain melalui sebuah cermin. Di tengah-tengah mereka, diletakkan Al Quran, kemudian para undangan dan keluarga melakukan doa bersama. Kemudin, mempelai wanita akan dibawa ke rumah barunya, rumah keluarga laki-laki dimana ibunda mempelai lelaki akan menyambut dengan memegang kitab Al Quran di atas kepala pengantin wanita dan membaca doa sebagai tanda bergabungnya anggota keluarga baru.

Pesta pernikahan wajib dipersiapkan oleh keluarga pengantin pria. Wah, ritual pernikahan pasangan muslim di India ternyata tak kalah repotnya dengan tata cara dan tradisi pernikahan Jawa di Indonesia, ya Ladies? Menarik sekali bukan?

Oleh: Isdiana Zulidha

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading