Sukses

Parenting

Menyikapi Bayi yang Cacat Lahir

Anda yang sedang hamil, bayi yang sehat pastilah hal normal yang ada di benak Anda. Tapi faktor X selalu ada di dalam kehidupan dan tidak dapat diprediksi. Bayi lahir cacat dapat menjadi hal yang tidak terduga. Meskipun cacat lahir yang ada ringan dan berat, tetap saja ini akan membawa perasaan yang campur aduk pada diri Anda. Ada beberapa langkah yang dapat diambil dalam menyikapi cacat kelahiran pada bayi menurut kidshealth.org:

1. Kenali dan kuasai perasaan anda.
Perasaan sedih, marah, bingung, dan terkejut pasti akan dirasakan. Disinilah tugas Anda untuk mengatasi perasaan-perasaan tersebut. Konsultasi pada psikolog bisa jadi pilihan terbaik. Yang terpenting, bicarakan perasaan anda pada suami, ayah, ibu atau anggota keluarga yang lainnya. Dengarkan pendapat terhadap apa yang Anda alami.
2. Carilah dukungan untuk anda dan anak anda.
Dukungan dapat berasal dari mana pun. Keluarga, teman, atau kelompok tertentu. Coba carilah informasi tentang komunitas atau orang tua yang juga mengalami hal yang sama. Belajarlah pengalaman dalam mengatasi perasaan mereka. Dukungan apapun akan sangat penting pada masa-masa ini.
3. Berpikir positif
Meskipun bayi terlahir berbeda, bukan berarti harus mendapat perlakuan yang berbeda pula. Tetap rawatlah bayi sesuai haknya. Tanamkan pada benak Anda bahwa ini bukanlah sebuah bencana. Ajaklah semua anggota bergembira merayakan lahirnya anggota keluarga baru.

Percayalah bahwa ini hanya ujian Tuhan dan ujian Tuhan tidak akan membuat anda semakin lemah tapi sebaliknya akan membuat diri anda menjadi pribadi yang kuat dan bijak.

Oleh: Muhammad Faris

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading