Sukses

Parenting

4 Masalah Kehamilan yang Patut Diwaspadai

Ladies, kehamilan adalah masa-masa yang paling membutuhkan pengawasan yang ketat, karena apabila terjadi kelainan pada tubuh si Ibu akan berdampak pada janin dalam kandungannya. Berikut ini 4 masalah kehamilan yang patut diwaspadai versi webmd.com:

1. Pendarahan
Pendarahan yang terjadi di setiap proses kehamilan berbeda-beda. Pendarahan parah disertai dengan kram yang terjadi pada trimester pertama dan kedua bisa berarti tanda-tanda keguguran Ladies. Sebaliknya, pendarahan disertai sakit pada daerah abdominal yang terjadi pada trimester ketiga mengindikasikan terjadinya placental abruption. Itu terjadi ketika plasenta terpisah dari lapisan uterus.

2. Mual dan muntah
Mual dan muntah yang terjadi pada ibu hamil memang umum terjadi. Namun, apabila ibu hamil terlalu sering mengalami hal tersebut maka janin akan mengalami kekurangan gizi dan dehidrasi yang akan mengancam keselamatan janin.

3. Kontraksi dini pada trisemester ketiga
Kontraksi dapat menjadi sebuah tanda kelahiran prematur. Akan tetapi belum tentu semua kontraksi merupakan tanda akan melahirkan. Ada istilah kontraksi kelahiran palsu yaitu kontraksi yang tidak bisa diperkirakan waktunya, tidak berirama dan intensitasnya tidak naik. Lain dengan kontraksi sebenarnya yang terjadi selama kurang lebih 10 menit dan dengan intensitas yang terus naik.

4. Aktivitas janin berhenti secara signifikan
Jangan terburu-buru panik apabila janin yang anda kandung berhenti bergerak secara signifikan. Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu minum minuman dingin atau makanlah sesuatu. Lalu berbaring miring untuk melihat bayi sudah bergerak atau belum. Normalnya bayi menendang 10 kali bahkan lebih dalam dua jam. Apabila janin tetap tidak bergerak, segera hubungi dokter Anda.

Oleh: Lely Tri W.

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading