Sukses

Parenting

Bahaya Preeclampsia Mengancam Ibu dan Bayi

Ladies, apakah Ladies pernah mendengar tentang penyakit preeclampsia yang menyerang Ibu hamil? Berikut adalah ulasannya seperti dilansir oleh preeclampsia.org.

Preeclampsia adalah penyakit yang biasanya terjadi pada minggu ke-20 kehamilan dimana tekanan darah naik yang disertai dengan munculnya protein di urin. Menurut preeclampsia.org, sebagian besar Ibu yang mengalami penyakit ini tidak merasakan tekanan darahnya naik. Berikut adalah gejala penyakit preeclampsia ini.

Gejala utama penyakit ini adalah tekanan darah tinggi yakni 140/90. Karena sebagian besar Ibu yang mengalami penyakit ini merasa “normal”, preeclampsia.org menyarankan untuk melakukan check-up kehamilan secara teratur dan mengukur tekanan darah untuk dapat segera dilakukan tindakan.

Gejala yang kedua adalah adanya protein di dalam urin atau dikenal dengan istilah proteinuria. Gejala in disebabkan oleh protein yang masuk ke dalam ginjal sehingga dikeluarkan bersama urin. Ladies, preeclampsia.org menyarankan Ibu hamil untuk tes urin pada pemeriksaan kehamilam apabila beberapa gejala penyakit ini muncul.

Gejala yang ketiga adalah edema atau pembengkakan. Pembengkakan ini berisi cairan yang dapat terjadi di kaki, wajah, sekitar mata, dan tangan. Apabila Ladies mengalami gejala ini, segera hubungi dokter karena boleh jadi ini adalah gejala preeclampsia.

Lebih jauh, preeclampsia.org menyatakan bahwa peningkatan berat badan yang tiba-tiba juag termasuk gejala preeclampsia. Apabila Ladies berat badannya naik lebih dari 2 pounds selama 2 minggu, segeralah hubungi dokter. Naiknya berat badan ini disebabkan rusaknya pembuluh darah sehingga air tidak mampu keluar dari tubuh. Ngeri ya, Ladies?

Ladies, be healthy!

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil Agar Janin Sehat
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengatasi Masalah Flu dan Batuk Selama Kehamilan