Sukses

Parenting

Nutrisi Yang Harus Dipenuhi Saat Hamil

Setiap ibu pasti ingin bayinya tumbuh dengan sehat. Namun, apakah ibu terkadang merasa bingung nutrisi apa saja yang harus dipenuhi saat sang buah hati masih di dalam kandungan? Jangan khawatir Bu, berikut ini akan diberikan beberapa macam nutrisi yang dibutuhkan Ibu saat sedang mengandung sang buah hati seperti dilansir dari mayoclinic.com.

• Asam Folat
Asam folat berfungsi untuk mencegah bayi lahir cacat, baik fisik maupun mental. Jika Ibu kurang mengonsumsi nutrisi ini, akan menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah atau bayi lahir sebelum waktunya atau prematur. Konsumsi minimal sekitar 800 gram asam folat atau Anda bisa mengonsultasikan dengan dokter atau bidan Anda.

• Kalsium
Kalsium sangat dibutuhkan oleh Anda dan bayi Anda untuk memperkuat tulang. Konsumsilah minimal 1.000-1.300 miligram kalsium yang bisa didapat dari berbagai olahan susu dan buah-buahan.

• Vitamin D
Vitamin D juga sangat bermanfaat dalam memperkuat tulang Anda dan bayi Anda. dalam sehari Anda disarankan mengonsumsi minimal 600 IU per hari atau Anda bisa mengonsultasikannya lebih lanjut dengan dokter. Vitamin D ini banyak terdapat pada ikan seperti salmon dan tuna. Susu dan buah juga banyak mengandung Vitamin D kok, Ladies.

• Protein
Protein sangat baik untuk menunjang pertumbuhan sang buah hati terutama dalam trimester ke dua dank e tiga. Anda bisa mendapatkannya dari berbagai olahan daging, ikan dan telur.

• Zat besi
Saat Anda hamil, Anda membutuhkan sel darah merah dua kali lipat untuk tubuh Anda dan janin Anda. konsumsilah daging merah dan aneka makanan berbahan ikan untuk memenuhi kebutuhan zat besi Anda yaitu minimal 27 gram sehari.

• Suplemen tambahan
Ibu, jangan sampai malas untuk memeriksakan sang buah hati ke dokter ya. Dengan memeriksakan diri ke dokter, dokter akan mengetahui kebutuhan buah hati Anda secara lebih spesifik.

Itulah beberapa nutrisi yang harus Anda penuhi demi kesehatan buah hati Anda. namun tetap periksa dan konsultasi ke dokter ya, Ladies, agar Anda mendapat gambaran yang lebih akurat tentang kebutuhan sang buah hati.

Oleh: Tulus W.

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading