Sukses

Parenting

Memilih Preschool Yang Tepat Untuk Anak

Apakah Bunda punya rencana memasukkan anaknya ke pre-school. Kalau iya, berarti Bunda sudah harus merencanakannya dengan matang ya, agar program pre-school-nya berjalan efektif dan sesuai harapan. Karena tidak semua preschool sama lho, Bunda. Banyak pre-school yang menawarkan sistem-sistem mengajar yang bervariatif tapi belum tentu terbukti efektif. Ada elemen penting yang harus dimiliki pre-school agar sesuai dengan perkembangan anak. Bunda wajib tahu nih apa yang harus dipertimbangkan saat memilih pre-school.

Pertama adalah pentingnya kualitas tenaga pengajar. Karena berurusan dengan anak berbeda dengan orang dewasa. Tenaga pembimbing haruslah seorang yang lembut dan penuh kasih sayang. Agar si anak juga merasa nyaman seperti bersama orang tuanya sendiri. Oleh karena itu pastikan untuk memilih pre-school yang tenaga pengajarnya sudah melalui training khusus tentang penanganan anak usia dini. Ingat Bunda, guru berpengalaman pun kadang menjadi bingung kalau sudah berurusan dengan anak.

Yang kedua adalah apa yang jadwal dari pre-school tersebut. Pengenalan sosialisasi pada usia dini haruslah seimbang. Pre-school harus memiliki jadwal yang baik untuk anak. Dimana anak tahu apa yang harus dilakukan secara individual dan tidak canggung saat harus terlibat dalam kelompok.

Yang terakhir adalah bagaimana tampak ruangan kelas. Dijelaskan dalam readingrockets.com, usia dini adalah waktu dimana anak-anak cenderung menyukai sesuatu yang ceria dan berwarna. Ruangan kelas yang dipenuhi gambar dan tulisan akan meningkatkan rasa ingin tahu sehingga proses belajar kata-kata baru menjadi lebih mudah.

Untuk itu Bunda bisa melakukan observasi sebelum memilih pre-school. Jangan salah pilih ya, karena pre-school adalah awal untuk masa depan anak.

Oleh: Muhammad Faris

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading