Sukses

Parenting

Apa Itu Tummy Time?

Senangnya melihat si kecil sudah semakin aktif bergerak! Sekarang, tiba saatnya Bunda untuk melatih si kecil untuk tummy time! Apa, sih, tummy time?

Tummy time adalah waktu dimana si kecil akan belajar bagaimana cara menahan berat badannya dengan bantuan otot dada dan perut, sebagaimana dilansir oleh bellybelly.com.au. Dalam fase ini si kecil akan belajar mengangkat torso atas, leher dan kepalanya. Fase ini perlu latihan karena tidak semua bayi akan menurut jika diletakkan dalam posisi tengkurap ini.

Mengapa? Karena bayi sudah terbiasa berbaring dan beraktivitas dengan keadaan punggung sebagai penunjang berat badannya. Mereka sudah terlanjur nyaman dengan posisi ini.

Manfaat dari tummy time sangat besar untuk melatih bayi mengangkat kepalanya dan mengontrol anggota tubuh lainnya. Hal ini nantinya akan membantunya untuk belajar berguling, merangkak dan berdiri.

Melatih tummy time ini bisa kapan saja, lho, Bunda. Bahkan Bunda sudah bisa memulainya sejak si kecil baru lahir dengan cara meletakkannya di dada Anda atau Ayah. Simpel, kan? Dengan semakin bertambahnya usia si kecil, Anda bisa mulai melatihnya dengan cara mengganti posisi tidurnya beberapa kali. Tapi, lakukan ini dengan hati-hati, ya, karena tulang bayi sebelum usia 1 tahun masih sangat rawan.

Si kecil sudah akan betul-betul bisa mengontrol gerakan kepalanya pada usia 4 bulan. Pada tahap ini, Anda bisa mulai melatihnya menahan kepalanya dalam waktu yang lebih lama dengan mengajaknya mengobrol atau bermain dengan posisi Anda sama-sama tengkurap.

Oleh: Mazhi

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading