Sukses

Parenting

Penyebab Cacat Kandungan

Ladies, mempunyai bayi yang normal dan sehat adalah impian semua calon ibu. Segala macam perlakuan khusus pada saat kehamilan akan Anda lakukan demi sang buah hati dapat terlahir dengan sehat. Namun apa daya jika terjadi kecacatan pada kehamilan Anda membuat kandungan Anda tumbuh secara tidak normal.

Kecacatan pada kandungan tidak hanya disebabkan oleh kesalahan Anda dalam menjaga kesehatan kandungan Anda. Namun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecacatan janin dalam kandungan. Seperti yang dilansir oleh health.state.ga.us, sebuah kecacatan pada janin adalah kelainan struktur, fungsi atau metabolism yang mengakibatkan kecacatan fisik atau mental, bahkan berakibat fatal. Cacat lahir merupakan penyebab utama kematian pada tahun pertama kehidupan sang bayi.

Faktor genetik dan lingkungan dapat menyebabkan kecacatan pada kandungan. Namun, penyebab sekitar 60 sampai 70 persen dari cacat kandungan tidak diketahui.

Sebuah gen abnormal tunggal dapat menyebabkan kecacatan. Setiap manusia memiliki setidaknya 30.000 sampai 35.000 gen yang menentukan sifat-sifat seperti mata dan warna rambut, serta mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan setiap bagian dari sistem fisik dan biokimia bayi. Gen yang dikemas ke masing-masing dari 46 kromosom dalam sel-sel kita.

Setiap anak mendapat setengah gen dari setiap orangtua. Seseorang bisa mewarisi penyakit genetik ketika salah satu orangtua (yang mungkin atau mungkin tidak memiliki penyakit) mempunyai gen rusak tunggal. Ini disebut warisan dominan
Selain itu, banyak penyakit genetik lainnya yang diwariskan ketika kedua orang tua membawa gen abnormal yang sama dan menyebarkannya ke anak. Ini disebut warisan resesif.

Oleh: Lucky Kresna Putra 

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading