Sukses

Parenting

Mengasuh Anak Down Syndrome

Buah hati yang menderita down syndrome memerlukan pola pengasuhan khusus yang cukup berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Wajar apabila ladies merasa kecewa dan sedih karena memiliki buah hati yang menderita down syndrome.

Tentunya kekecewaan dan kesedihan tersebut tak boleh membuat ladies lemah dan membenci buah hati. Ladies harus mulai berdamai dengan keadaan dan mendidik anak down syndrome dengan sepenuh hati.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dikutip dari laman www.care.com untuk melewati masa-masa sulit dalam mengasuh si kecil yang menderita down symdrome.

Pertama, ladies harus mencari potensi apa yang dimiliki oleh buah hati down syndrome. Down syndrome tidak lantas membuat si kecil tidak berprestasi. Mereka pasti memiliki sebuah bakat di atas rata-rata; bakat itulah yang harus ladies cari dan kembangkan.

Berikutnya, ladies juga harus menyadari bahwa anak yang menderita down syndrome juga memiliki beberapa titik kelemahan dan keterbatasan. Ladies harus sabar dan maklum dengan kelemahan dan keterbatasan tersebut.

Tips ketiga adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang keadaan yang tengah ladies hadapi. Dengan memiliki pengetahuan yang cukup tentang down syndrome, maka ladies akan lebih bisa memperlakukan buah hati dengan baik.

Tips terakhir adalah sering-seringlah berbincang dengan orang tua lain yang juga memiliki buah hati down syndrome. Dengan melakukan sharing, ladies akan mendapatkan dukungan moral dari orang lain yang akan membuat ladies lebih bersemangat dalam membesarkan buah hati down syndrome.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading