Sukses

Parenting

Kapan Anak Siap Untuk Masuk Taman Kanak-Kanak?

Usia 4-5 tahun adalah usia yang ideal untuk buah hati mulai masuk ke taman kanak-kanak. Namun sayangnya tidak semua anak siap untuk memasuki dunia sekolah sekalipun usia mereka sudah terbilang siap.

Kesiapan anak untuk memasuki masa sekolah di taman kanak-kanak sangat penting untuk diperhatikan karena kesiapan ini akan mempengaruhi motivasi dan cara pandang mereka tentang sekolah. Buah hati yang sebenarnya belum siap sekolah namun terpaksa harus sekolah beresiko tinggi mendapat prestasi yang kurang memuaskan di sekolah.

Seperti yang dikutip dari mayoclinic.com, banyak faktor dapat mempengaruhi kesiapan anak untuk memasuki dunia taman kanak-kanak. Beberapa di antaranya adalah;
1. Kemiskinan
2. Orang tua yang pendidikannya rendah
3. Hiperaktivitas yang dimiliki anak
4. Berat badan di bawah normal saat anak lahir
5. Anak masih sering mengompol

Perlu juga ladies ketahui, anak perempuan cenderung lebih siap untuk memasuki dunia sekolah dibandingkan dengan anak laki-laki.

Untuk mengetahui apakah si kecil sudah siap untuk memasuki bangku taman kanak-kanak, ladies dapat mengandalkan intuisi ladies sendiri. Ladies pasti lebih tahu apakah buah hati ladies sudah siap sekolah atau belum.

Bila ladies sudah merasa bahwa si kecil siap dan bisa mengikuti kegiatan-kegiatan di taman kanak-kanak, langkah selanjutnya yang harus ladies lakukan adalah memberitahukan rencana ladies tersebut kepada si kecil. Dengan pengarahan secukupnya tentang pentingnya taman kanak-kanak dan kegiatan apa saja yang ada di sana, si kecil akan termotivasi untuk memasuki masa sekolah.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading