Sukses

Parenting

Samakah Vaksin dan Imunisasi?

Mungkin sebagian besar dari Anda beranggapan bahwa memberikan vaksin berarti sudah sama dengan memberikan imunisasi, benar bukan? Eh, tunggu dulu, ternyata vaksin dan imunisasi itu berbeda loh. Jadi Anda yang menganggap vaksin itu sama dengan imunisasi itu sama saja, Anda keliru jika selama ini menganggap keduanya sama.

Situs vaccineinjuryhelpcenter.com mengatakan bahwa imunisasi adalah tindakan medis yang ditujukan untuk membuat seseorang kebal terhadap penyakit. Yang dimaksud dengan kebal dalam hal ini misalnya jika ada seseorang sudah mendapatkan suntikan imunisasi polio, maka orang tersebut tidak akan terserang penyakit polio.

Hal ini disebabkan di dalam tubuh orang tersebut sudah memiliki sistem imun yang dapat melindungi dirinya sendiri dari serangan polio. Jadi orang itu hampir bisa dipastikan akan terhindar dari bahaya penyakit polio selama hidupnya.

Sedikit berbeda dengan vaksin ya Ladies. Pemberian vaksin ini hanya sekedar untuk melawan antigen yang menyebabkan tubuh menjadi sakit bila terinfeksi olehnya. Vaksin ini terdiri dari kuman mati atau hidup, tetapi tidak berbahaya bagi tubuh.

Bakteri yang disuntikan ini akan menghasilkan antibodi yang berfungsi sebagai pelindung tubuh namun tidak memberikan kekebalan pada tubuh manusia. Karenanya, vaksin tidak berfungsi seperti imunisasi yang memberikan sistem kekebalan dalam tubuh.

Jadi vaksin ini berbeda dengan imunisasi. Melakukan imunisasi akan memberikan sistem kekebalan dalam tubuh sehingga penerima vaksin tidak dapat terserang penyakit. Sedangkan vaksin hanya berguna sebagai obat yang melawan antigen atau benda asing dari luar tubuh yang dapat menyebabkan penyakit.

Oleh: Dimas Galih Wijaya

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading