Sukses

Parenting

Sejarah Profesi Bidan

Ladies, apakah di dekat rumah anda ada bidan yang membantu persalinan? Apakah anda mengetahui pula sejarah bidan hingga akhirnya sekarang sudah membuka praktek hingga ke desa-desa? Ladies, ada baiknya anda menyimak sejarah bidan ini seperti dilansir oleh webmd.com.

Berabad-abad silam sebelum para dokter spesialis kandungan muncul, bidan di Eropa sudah melakukan praktek dengan datang ke rumah para Ibu hamil yang akan melahirkan. Ladies, tahukah anda sejarah kata bidan dalam bahasa Inggris yakni “midwife”? Webmd.com melansir bahwa kata ini diambil dari bahasa Inggris kuno yang berarti “with woman” atau dengan wanita.

Ladies, sejarah bidan di Amerika Serikat digawangi oleh Mary Breckenridge yang menyediakan layanan kesehatan di pegunungan Appalachia. Ketika dalam perjalanan ke Eropa, ia takjub dengan keahlian pada bidan di Eropa yang akhirnya membuatnya membawa sebagian dari mereka ke Amerika Serikat tepatnya di negara bagian Kentucky. Webmd.com melansir bahwa dari negara bagian inilah program pendidikan bidan dimulai di Amerika Serikat.

Pada tahun 1955, seorang pengajar para calon bidan bernama Hattie Hemschemey mendirikan Akademi Kebidanan yang pada akhirnya menjadi organisasi bidan pertama di Amerika Serikat. Ladies, organisasi ini kemudian berganti nama menjadi Akademi Bidan.

Bagaimana Ladies, anda sekarang sudah mengetahui sejarah bidan, bukan?

Nastiti Primadyastuti

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading