Sukses

Parenting

Fungsi dan Jenis Imunisasi Tambahan

Moms apa sepenuhnya tahu tentang imunisasi? Atau selama ini cukup datang saja setiap kali diajak ibu-ibu yang lain ke posyandu? Wah, sebagai seorang ibu yang baik, tentunya harus tahu apa yang diberikan kepada anaknya ya Moms.

Karena itu, kali ini Moms dipersilakan sedikit menyimak tentang imunisasi tambahan pada bayi, balita, dan anak-anak. Imunisasi tambahan ini sama pentingnya dengan imunisasi dasar yang disarankan pemerintah. Untuk itu, wajib bagi Bunda untuk mengetahui.

Laman parenting.co.id menyebutkan daftar imunisasi tambahan termasuk jenis dan fungsinya sebagai berikut:

(1) Hib: melindungi dari virus Haemophilus penyebab flu tipe B yang bisa menyebabkan pneumonia dan meningitis

(2) PVC: melindungi dari bakteri pnemukokus penyebab meningitis, pneumonia, dan infeksi telinga

(3) flu: melindungi dari berbagai virus influenza

(4) MMR: melindungi dari penyakit gondok dan campak

(5) Tifoid: melindungi dari typhus

Di samping daftar di atas, laman meetdoctor.com menambahkan pula imunisasi lain seperti Varisela yang berfungsi melindungi dari penyakit cacar air dan HPV yang melindungi dari penyakit kanker leher Rahim. Khusus imunisasi HPV ini hanya diberikan pada perempuan.

Cukup banyak ya Ladies. Memang sih, tugas awal sebagai seorang ibu tergolong cukup berat. Tapi, seperti pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati, maka pemberian imunisasi tambahan seperti daftar di atas jelas merupakan sebuah usaha pencegahan yang efektif.

Selamat bertugas ya Moms.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading