Sukses

Parenting

Ayo Ceklis Kebutuhan Bayi Anda

Wah, ada apa nih? Mulai sibuk mempersiapkan kebutuhan bayi? Sepertinya banyak sekali ya Moms kebutuhan bayinya. Makanya jangan tergesa-gesa ya. Cermati baik-baik, sehingga tidak ada yang ketinggalan.

Sebaiknya, Ladies membuat ceklis kebutuhan, mulai dari yang umum hingga ke khusus. Ceklis? Ya, sama seperti daftar yang biasa Moms buat ketika akan belanja. Dengan begini, pikiran Moms bisa lebih tertata mengurutkan barang mana saja yang dibutuhkan si bayi. Ada baiknya juga Moms membuat ceklis ini sebelum melahirkan supaya tidak terlalu mendadak jika suami Anda membeli kebutuhan tersebut.

Yang perlu diingat, seperti saran dari aussiechildcarenetwork.com, mengatur budget kebutuhan bayi merupakan langkah awal yang bijak. Artinya, Moms tidak harus membeli semua barang. Jika bisa menggunakan barang bekas milik sanak keluarga yang masih baik dan tidak dipakai seperti box bayi, kereta dorong atau mainan dapat sangat menghemat pengeluaran.

Eh, tunggu dulu, mainan juga dimasukkan ceklis? Tentu! Mainan bakal membantu kemampuan motorik si bayi. Situs ilmukesehatananak-dianhusada.blogspot.com menjelaskan bahwa Moms bisa membantu si kecil mengenali lingkungan dengan menyediakan mainan yang aman dan berbagai variasi bentuk dan bahan. Hal senada juga disampaikan laman okehealth.com yang menyatakan bahwa mainan memenuhi kebutuhan asah atau stimulasi bermain sejak dini.

Setelah itu, apa lagi yang harus masuk daftar? Untuk menyusui Moms memerlukan bra khusus menyusui, botol susu, pompa ASI, susu formula, serta termos. Untuk tidur, si kecil memerlukan alas, kain gedong, gendongan, selimut, selendang dan box bayi. Selanjutnya, untuk kebersihan Moms perlu membeli handuk, sabun, shampo, baby oil, dan bedak.

Memang ya Moms, kalau disebut satu per satu akan panjang daftarnya. Yang penting, mulai catat dari kegiatan sehari-hari dan kebutuhan pokok bayi. Kemudian, Moms bisa memilih kebutuhan pendukungnya apa saja.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading