Sukses

Parenting

Siapkah Anak Anda Masuk Pre-School?

Biasanya, pre-school akan menerima murid yang telah memasuki usia 2,5 tahun. Namun, hal tersebut bukan berarti anak Anda yang telah memasuki usia tersebut telah siap untuk bergabung dengan anak-anak yang lain guna memperluas pengalaman dan menambah teman.

Jika Anda bertanya-tanya apakah sudah saatnya anak Anda memasuki pre-school, www.babycenter.com menuliskan beberapa panduan yang dapat Anda gunakan untuk melihat apakah anak Anda siap menjelajah dunia baru yang dalam hal ini adalah pre-school.

Pertama, yang perlu Anda pastikan adalah apakah anak Anda cukup mandiri untuk melakukan segalanya sendiri. Anda dapat memasukkan anak Anda ke pre-school, jika paling tidak anak Anda telah mampu mencuci tangan mereka sendiri, makan siang tanpa meminta bantuan Anda, dan dia pun dapat tidur tanpa Anda temani.

Selain mandiri, sebaiknya anak Anda memiliki daya konsentrasi serta kemampuan untuk tetap fokus terhadap apapun yang tengah dia lakukan mengingat pre-school mengajak muri-murid untuk melakukan berbagai proyek yang berkaitan dengan kesenian dan kerajinan tangan. Jika anak Anda suka menggambar di rumah atau betah berkutat dengan puzzle atau melakukan kegiatan lain tanpa melibatkan Anda, maka anak Anda siap untuk masuk pre-school.

Ketiga, jika anak Anda belum pernah berpisah dari Anda dalam kurun waktu yang cukup lama, sehari paling tidak, maka pertimbangkan kembali keinginan Anda untuk memasukkan anak Anda ke pre-school. Selanjutnya, kesiapan masuk pre-school dapat ditandai dengan kemampuan dan kemauan anak Anda untuk bermain secara berkelompok yang didukung dengan fisik dan stamina yang memadai.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading