Sukses

Parenting

Kanker Kulit: Basal Cell Carcinoma

Ladies pernah mendengar tentang Basal Cell Carcinoma? Apa hubungannya dengan kanker kulit? Laman onhealth.com membantu Anda menyimak sejenak masalah kesehatan penting ini.

Basal Cell Carcinoma atau BCC adalah salah satu jenis kanker kulit yang paling umum terjadi. Kanker ini tumbuh di sel basal dan umumnya tidak menyebar ke organ tubuh lain. BCC lebih sering terjadi pada orang berkulit putih dibanding orang berkulit gelap.

Radiasi sinar matahari merupakan penyebab utama dari kanker kulit, termasuk BCC. Oleh karena itu, anda yang tinggal di daerah dengan radiasi sinar matahari tinggi akan lebih beresiko untuk terkena kanker kulit. Juga, jangan terlalu sering melakukan tanning, ladies, karena tanning akan memberi kulit anda radiasi UV yang tinggi dan resiko anda terserang kanker kulit juga tinggi. Selain sinar matahari, penyebab lain tumbuhnya BCC adalah terapi radiasi (biasanya dilakukan untuk mengobati kanker lain), serta arsenik.

Ladies, kanker kulit umumnya muncul pada usia diatas 50 tahun. Namun, efek kerusakan kulitnya dapat dirasakan sejak usia muda. Oleh karena itu, pencegahan sejak usia dini sangat dianjurkan.

Cara mendiagnosa BCC adalah dengan melakukan biopsy, sebagian kulit yang mengandung sel kanker akan diangkat untuk kemudian diteliti dengan menggunakan mikroskop. Sedangkan cara mengobatinya adalah dengan melakukan operasi, kemoterapi, terapi radiasi, cryo-surgery, serta dengan terapi obat krim.

Nah, ladies, itulah informasi singkat tentang salah satu jenis kanker kulit, Basal Cell Carcinoma (BCC). Semoga bermanfaat!

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading