Sukses

Parenting

Sekilas Tentang Tumor Epitel, Germinal dan Stroma

Tahukah Anda, Ladies, bahwa kanker ovarium adalah penyakit kelima yang sering menyerang dan menyebabkan kematian pada wanita setelah kanker payudara, kanker perut, kanker paru-paru, dan kanker rahim.

Ladies, kanker ovarium sangat sulit didiagnosa dan dapat menyebar dengan sangat cepat. Kanker ovarium yang banyak ditemukan adalah kanker ovarium jenis epithelial ovarian cancer. Namun, Ladies, ternyata kanker ovarium memiliki dua jenis yang lainnya selain epithelial ovarian cancer, yaitu germ cell tumours, dan stromal tumours. Lalu, apa yang membedakan ketiganya?

Epithelial ovarian cancer atau tumor epitel adalah kanker yang menyerang bagian permukaan ovarium. Kanker jenis inilah yang paling banyak ditemukan, terutama pada wanita dewasa.

Yang kedua adalah germ cell tumours atau germinal sel tumor. Kanker ovarium jenis ini menyerang sel-sel yang menghasilkan telur (sel induk). Germ cell tumours lebih jarang terjadi apabila dibandingkan dengan Epithelial ovarian cancer dan lebih sering ditemukan pada anak-anak dan remaja.

Dan jenis yang terakhir adalah stromal tumours atau stroma tumor. Stromal tumours berasal dari sel-sel yang memroduksi hormon wanita. Kanker jenis ini juga jauh lebih sedikit terjadi apabila dibandingkan dengan Epithelial ovarian cancer.

Nah, Ladies, itulah beberapa jenis kanker ovarium yang diklasifikasikan berdasarkan tempat atau asal penyebarannya menurut ovariancancer.jhmi.edu. Cara terbaik untuk mencegah terserang penyakit berbahaya ini adalah dengan menjaga pola hidup sehat dan bersih, serta teratur memeriksa kesehatan Anda. So, Ladies, let’s live a healthy life!

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading