Sukses

Parenting

Keguguran: Definisi, Gejala dan Penyebabnya

Apa yang Anda rasakan ketika tahu bahwa anda sedang mengandung? Senang bukan kepalang tentu saja. Tapi Ladies, upayakan sekuat tenaga untuk menjaga kandungan agar si bayi dapat lahir dengan selamat dan sehat ya!

Di samping senang, Ladies tentunya juga merasa was-was karena tahu salah satu bahaya yang mengancam ibu hamil adalah keguguran. Kalau perlu, berbagai usaha akan Ladies lakukan untuk menjaga sang janin tetap di tempatnya.

Oleh sebab itu, ada baiknya Ladies mengenal apa sih sebenarnya keguguran itu, apa tanda-tandanya dan apa penyebabnya. Setidaknya, pengetahuan ini bisa membantu Ladies menjaga calon buah hati.

Ladies, keguguran adalah kondisi medis saat sang ibu secara tiba-tiba kehilangan janinnya sebelum minggu ke-20 dari usia kehamilan. Sayangnya, webmd.com melansir catatan medis bahwa sekitar 50% ibu hamil mengalami keguguran! Sebagian besar bahkan sebelum si ibu sadar bahwa dirinya sedang hamil.

Jadi, bagi ladies yang sedang mengandung antara 1-3 bulan, just be more careful! Fakta medis menyebutkan lebih dari 80% keguguran terjadi pada trimester pertama. Tapi bagi ladies yang sudah mencapai kehamilan bulan ke-5 atau lebih, bukan berarti resiko keguguran mendadak hilang. "Late miscarriage", atau keguguran di usia kehamilan lanjut, masih sangat mengancam.

Tanda-tanda seseorang mengalami keguguran antara lain, pendarahan (ringan maupun parah), sakit dan kram yang sangat pada perut, demam, lemah, dan sakit pada punggung. So, ladies, bagi anda yang mengalami gejala-gejala tersebut segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan medis yang dibutuhkan.

Nah, apa penyebab keguguran? Keguguran yang terjadi pada trimester pertama umumnya disebabkan oleh chromosomal abnormalities atau kelainan kromosom pada janin. Keguguran juga bisa disebabkan oleh infeksi, radiasi tinggi, masalah pada hormon, lupus, penyakit ginjal, diabetes, malnutrisi dan beberapa gaya hidup seperti merokok, meminum alkohol, dan memakai narkotika.

So Ladies, lebih aware ya, there are both precious lives FOR and INSIDE you!

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading