Sukses

Parenting

Pecah Ketuban dan Masalah Kehamilan

Ketika Anda mulai mengandung, tubuh Anda akan menciptakan sebuah sistem pertahanan yang fungsinya adalah untuk menjaga buah hati Anda dalam keadaan yang aman dan nyaman semasa berada di dalam rahim Anda. Sistem inilah yang dinamai dengan air dan kantung ketuban. Untuk Anda yang sudah mengalami kehamilan, istilah air ketuban tentunya sudah tidak asing di telinga Anda.

Air dan kantung ketuban adalah sebuah cara yang dilakukan oleh tubuh and untuk memastikan buah hati Anda dalam keadaan aman bahkan ketika Anda beraktivitas sekalipun. Meskipun dinamai air ketuban, amniotic fluid ini sebenarnya lebih menyerupai gel dan membran yang membungkus buah hati Anda dan meredam apabila gerakan yang Anda lakukan atau benturan yang Anda alami terasa hingga ke dalam kandungan.

Selain melindungi buah hati Anda, air ketuban juga bisa menjadi indikasi apakah ada masalah dengan kehamilan Anda. Ketika air ketuban berbau tidak sedap dan berwarna keruh, bisa jadi kehamilan Anda mengalami masalah. Seringkali, air ketuban keluar bahkan sebelum waktunya sekalipun.

Menurut lansiran dari webmd.com, air ketuban yang keluar sebelum memasuki minggu ke-30 masa kehamilan seringkali menjadi tAnda adanya masalah dalam kehamilan yang menyebabkan kantung ketuban tempat jabang bayi berada pecah. Bila memang hal itu terjadi, sesegera mungkin lakukan pemeriksaan menyeluruh pada kehamilan Anda pada dokter kandungan untuk mengetahui bila ada yang salah dengan kandungan Anda.

Oleh: Mamor Adi P.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading