Sukses

Parenting

Volume dan Fungsi Air Ketuban

Anda yang sudah pernah atau sedang hamil pastilah sering mendengar tentang air ketuban. Air ketuban ini sepertinya hal yang sangat penting sekali. Pecahnya air ketuban Anda bahkan menjadi tnda bahwa Anda akan segera melahirkan bayi yang ada di dalam kandungan Anda. Jadi, apakah sebenarnya air ketuban itu?

Seperti yang dilansir dalam nlm.nih.gov, air ketuban adalah cairan yang mengelilingi janin di dalam kandungan Anda selama masa-masa kehamilan. Cairan yang dikenal dengan air ketuban ini berwarna kekuning-kuningan dan cerah.

Selama kurang lebih 40 minggu masa kehamilan Anda, janin di dalam kandungan Anda terapung-apung dalam air ketuban ini. Massa air ketuban Anda akan semakin besar seiring bertambahnya usia kandungan Anda. Massa air ketuban yang paling banyak adalah di minggu ke-34 kehamilan Anda. Massa air ketuban ini pada minggu ke-34 itu kira-kira sebesar 800 mililiter dan yang ada hingga kehamilan minggu ke 40 sekitar 600 mililiter.

Adanya air ketuban selama kehamilan Anda ini tentu saja ada manfaatnya. Beberapa manfaat air ketuban ini meliputi
-membantu pergerakan calon buah hati Anda di dalam rahim Anda sehingga pertumbuhan tulang-tulang calon bayi Anda bisa sempurna
-membantu perkembangan paru-paru
-menjaga suhu bayi di dalam kandungan Anda agar selalu stabil
-melindungi bayi di dalam kandungan Anda dari luka yang diakibatkan oleh benturan yang mungkin dialami oleh ibu bayi tersebut

Oleh: Meilia Hardianti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading