Sukses

Parenting

Cegah Kelahiran Caesar Dengan Senam Hamil

Apakah Bunda rutin melakukan senam hamil? Kalau iya, itu bagus sekali. Banyak manfaat yang bisa didapat jika ibu hamil melakukan senam hamil. Salah satu yaitu bisa mencegah ibu melahirkan dengan cara Caesar. Kok bisa?

Seperti yang dijelaskan pada business-standart.com, para ahli telah menemukan bahwa ibu hamil yang rutin melakukan senam hamil kecil kemungkinannya untuk melahirkan secara Caesar. Dan ibu hamil yang rutin jalan-jalan tiga kali seminggu bisa menurunkan resiko bayi lahir terlalu gendut.

Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa senam hamil bisa menurunkan resiko perkembangan diabetes yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan ibu hamil.

Selama penelitian berlangsung, ada 510 ibu hamil yang aktif, dimana satu kelompok tersebut diberikan waktu 55 menit untuk melakukan aerobik per sesinya, latihan kekuatan otot, dan latihan kelenturan tubuh tiga kali seminggu selama 6 bulan terakhir kehamilan. Sedangkan lainnya hanya perawatan biasa.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di British Journal of Sports Medicine, ibu hamil yang melakukan senam hamil bisa menurunkan resiko melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4 kg sebanyak 58%. Sedangkan ibu hamil yang awalnya akan melahirkan dengan Caesar, resikonya turun sampai 34%.

Pada penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa bayi yang lahir dari cara Caesar bisa jadi tidak mendapatkan bakteri baik yang menjaga tubuhnya sebagai sistem imun untuk mencegah infeksi dan penyakit asma misalnya.

So, senam hamil yang rajin ya Bunda.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading