Sukses

Parenting

Cara Merawat Bayi Setelah Imunisasi

Salah satu efek samping pasca imunisasi yang hampir dialami oleh setiap bayi adalah demam. Demam yang terjadi biasanya diikuti dengan bayi yang rewel dan menangis sepanjang malam.

Demam yang terjadi pasca imunisasi merupakan hal yang wajar terjadi. Oleh karena itu, ladies tidak perlu khawatir berlebihan ketika si kecil mengalami demam sesaat setelah imunisasi.

Apa yang dapat ladies lakukan untuk meringankan sakit yang dialami buah hati setelah imunisasi? seperti yang dikutip dari whattoexpect.com, ladies dapat mengompres lengan yang disuntik dengan air hangat. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada bekas suntikan.

Untuk menurunkan panas si kecil, ladies bisa memberikan obat-obatan penurun panas. Ingat, bahwa obat-obatan yang ladies berikan harus sesuai dengan usia bayi, ya. Apabila buah hati masih berusia 3 sampai 6 bulan, berikan acetaminophen untuk menurunkan panas. Apabila si kecil berusia 6 bulan ke atas, ibuprofen aman untuk diberikan.

Setelah diberi obat-obatan penurun panas, biasanya demam si kecil akan berangsur-angsur turun. Jadi, ladies tak perlu membawanya ke dokter.

Namun bila si kecil menunjukkan tanda-tanda tertentu seperti panas tinggi lebih dari 34 derajat celsius selama lebih dari 2 hari, alergi (gatal-gatal, muka membengkak, dan susah bernafas), atau tidur berlebihan, ladies perlu membawa si kecil ke dokter sesegera mungkin.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading