Sukses

Parenting

Membuat Rencana Makan Anak Penderita Diabetes

Ketika anak menderita diabetes, mereka tidak bisa mengkonsumsi sembarang makanan karena beresiko meningkatkan kadar gula dalam darah. Untuk itu, perlu akan adanya perencanaan makan khusus.

Rencana makan anak Anda harus mencakup makan makanan sehat untuk mngontrol kadar gula dalam darah. Waktu makan yang teratur dan dalam jumlah yang konsisten merupakan kunci dari perencanaan.

Menurut aboutkidshealth.ca, sebagian besar anak penderita diabetes membutuhkan makan tiga kali sehari dan sekali makan snack pada tengah hari untuk menghindari kadar gula dalam darah meningkat. Pada anak usia lebih muda, makan cemilan tiap pagi juga dibutuhkan.

Jumlah makanan dan snack yang diperlukan oleh anak tergantung pada terapi insulin yang mereka jalani, tidak selalu sama. Jika perlu, Anda bisa meminta bantuan kepada ahli gizi dalam menentukan rencana yang akan Anda buat.

Recana makan yang akan Anda buat berdasar pada apa dan berapa banyak makanan yang biasanya dikonsumsi anak Anda. Hal itu yang akan pertama kali membantu ahli gizi dalam menentukan berapa banyak makanan yang anak butuhkan.

Selanjutnya, ahli gizi akan menghitung jumlah karbohirat, protein dan lemak yang dibutuhkan yang merupakan dasar dari rencana makan anak Anda. Waktu makan tergantung pada rutinitas keluarga. Setelah anak tumbuh dan rutiitas berubah, rencana makan pun juga harus diubah.

Oleh: HAndayani Rahayuningsih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading