Sukses

Parenting

Perkembangan Bayi Umur 0-3 Bulan

Selamat ya Bunda, adik bayinya sudah lahir. Sembilan bulan sudah Bunda menjaganya di kandungan. Dan 9 bulan pula Bunda selalu mengikuti perkembangan janin sampai besar.

Bisa melihat atau mengetahui perkembangan adik bayi secara visual juga biasanya hanya sebulan sekali saat usg. Jadi, penantian 9 bulan itu sudah terbayar ya saat adik bayi akhirnya lahir dengan sehat dan selamat.

Dan sekarang waktunya Ayah dan Bunda menanti-nanti kapan adik bayi bisa berjalan dan mengatakan kata pertamanya. Tapi tunggu dulu, semua itu pasti ada tahapannya Bun. Laman webmd.com mengulas perkembangan bayi saat ia baru lahir sampai umur 3 bulan seperti berikut.

Pada tahapan pertama ini, tubuh dan otak bayi sedang belajar tentang hal-hal yang ada disekitarnya. Antara 0-3 bulan bayi Anda akan mulai:
- Tersenyum. Awalnya dia akan tersenyum untuk dirinya sendiri tapi memasuki umur 3 bulan, ia akan tersenyum karena merespon senyum atau rangsangan tawa dari Anda dan ia akan berusaha membuat Anda tersenyum balik padanya.
- Melihat dan mengikuti arah benda-benda.
- Memegang benda dengan tangannya
- Membuka dan menutup tangannya lalu menempelkan tangan ke mulutnya.
- Berusaha meraih benda-benda yang menggantung seperti main yang ada di box bayinya, walaupun ia belum bisa menggapainya.
- Menegakkan kepala dan dadanya saat ia berbaring telungkup.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading