Sukses

Parenting

Bunda, Lindungi Anak dari Sinar Matahari dan Jauhi Kanker Kulit Sejak Dini

Bunda, tahu gak sih kulit anak itu sangat lembut sehingga rentan terkena sinar matahari langsung, termasuk kanker kulit. Nah, untuk Bunda yang sayang si anak, tidak ingin anak sakit macam-macam, ayo simak 5 cara lindungi kulit anak sehari-hari.

Memang sih, Bun, kulit orang Indonesia yang memiliki pigmen menjadi pelindung dari sinar matahari. Namun, kulit anak masihlah sangat lembut sehingga terlalu sering terpampang di bawah sinar matahari tidak menutup kemungkinan anak untuk terkena kanker kulit di usia dewasanya kelak.

Menurut sunsmart.org.uk, cara terbaik yang bisa mulai dilakukan Bunda untuk lindungi anak dari sinar matahari adalah
- Biasakan anak untuk melindungi diri mereka dari bahaya sinar matahari apabila terlalu sering ter-expose. Buat mereka paham mengapa melindungi kulit mereka itu penting, sehingga akan terbiasa hingga mereka dewasa.
- Gunakan selalu alat untuk berteduh saat berada di luar bersama anak, terutama yang masih bayi, atau bawa saja payung saat hendak keluar berjalan-jalan.
- Tutupi tubuh anak dengan baju yang agak longgar dan topi yang melebar agar wajah, telinga, dan leher. Belikan kaca mata untuk anak yang lebar agar semakin banyak melindungi mata dan sekitarnya. Agar anak senang memakai topinya, belikan yang mereka sukai.
- Aplikasikan sunscreen dengan benar. Pilih yang cocok untuk kulit anak dan bayi. Hati-hati dengan penggunaan yang salah karena akan menyebabkan iritasi. Gunakan secara teratur, terutama sebelum anak keluar bermain.
- Waktu sekolah adalah saat di mana anak akan senang menghabiskan waktu bersama temannya, terutama untuk bermain di halaman sekolah. Jika susah untuk membuat anak membiasakan diri menggunakan sunscreen sendiri, oleskan pada tubuh mereka sebelum berangkat sekolah.

Try it, Moms!

Oleh: Kamilah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading