Sukses

Parenting

Kehamilan Tingkatkan Risiko Kanker Kulit

Untuk Ladies yang belum pernah mengalami kehamilan, Ladies harus mengetahui bahwa ketika Ladies hamil, akan terjadi pigmentasi pada kulit. Pigmentasi tersebut biasanya ditandai dengan timbulnya bagian – bagian kulit dengan warna yang berbeda. Nah, ternyata ada yang harus Ladies ketahui tentang itu – bahwa pigmentasi yang terjadi pada seorang ibu hamil ternyata bisa jadi merupakan gejala terjadinya kanker kulit loh.

Seperti informasi yang dilansir pada situs health.com menyatakan bahwa kasus melanoma atau salah satu jenis kanker kulit dilaporkan satu pertiganya terjadi pada ibu-ibu hamil. Meskipun tidak diketahui pasti apakah kehamilan dapat meningkatkan risiko seorang wanita mengidap kanker kulit, seringkali para ibu hamil membuat kesalahan dengan menganggap gejala kanker kulit yang muncul sebagai pigmentasi yang biasa terjadi pada ibu hamil.

Sebuah hipotesis dikemukakan oleh penelitian menyatakan bahwa perubahan hormonal yang terjadi pada kehamilan seringkali menyebabka pigmentasi pada beberapa bagian tubuh. Selain itu dijelaskan juga bahwa melanoma yang ditemukan pada wanita hamil adalah akibat dari keputusan para wanita menunda kehamilan hingga bertahun-tahun.

Meskipun hormon kehamilan tidak dapat memicu tumbuhnya sel melanoma yang ganas, tapi hormon-hormon tersebut sudah jelas akan menyebabkan beberapa pigmentasi kulit. Wajib bagi seorang ibu hamil untuk memeriksakan setiap perubahan yang terjadi pada tubuh mereka untuk mengetahui bahaya yang mengancam.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading