Sukses

Parenting

Macam-macam Kista Ovarium

Anda pasti sudah pernah mendengar tentang kista kan, Ladies? Banyak orang di sekitar Anda yang pasti juga pernah membicarakannya dan banyak pemberitaan-pemberitaan di berbagai media masa tentang hal ini yang telah Anda ketahui. Namun, apakah sebenarnya kista itu?

Kista adalah sebuah kantung yang bisa terbentuk di dalam indung telur. Kantung ini berisi dengan cairan. Kantung jenis ini sebenarnya sangat umum berada di dalam sana, khususnya pada masa-masa subur seorang wanita.

Terdapat beberapa jenis kista yang ada di dalam indung telur setiap wanita seperti yang tertulis di women.webmd.com. Kista yang paling banyak terdapat di indung telur tersebut disebut dengan functional cyst. Kista ini terbentuk selama masa ovulasi berlangsung. Pembentukan ini terjadi ketika indung telur yang Anda produksi setiap bulannya tersebut tidak dilepaskan atau saat kantung dimana indung telur tersebut terbentuk tidak larut setelah indung telur Anda terlepas. Beberapa jenis kista yang lain meliputi polycystic ovaries, endometriomas, cystadenomas dan dermoid cysts.

Sebagian besar kista yang berada di indung telur Anda tidaklah berbahaya. Namun, terkadang ada saja beberapa kista yang menyebabkan beberapa masalah dalam diri Anda seperti pendarahan dan rasa sakit. Jika permasalahan yang terkait dengan kista ini semakin serius, operasi sangat perlu untuk dilakukan dengan tujuan mengangkat kista-kista yang membahayakan diri Anda tersebut.

Oleh: Meilia Hardianti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading