Sukses

Parenting

Vitamin D dan Ibu Hamil

Vitamin D berfungsi untuk mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh, dan membantu penyerapannya, seperti dilansir nhs.uk. Kalsium dan fosfat diperlukan tubuh untuk menjaga tulang dan gigi yang sehat.

Anda memerlukan vitamin D selama kehamilan untuk memberikan bayi anda vitamin D yang cukup pada beberapa bulan pertama kehidupannya. Anda harus mengkonsumsi 10 mg vitamin D setiap harinya ketika hamil dan menyusui. Anak yang kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tulang mereka melunak dan dapat menyebabkan rikhitis, penyakit yang mempengaruhi perkembangan tulang anak.

Vitamin D dapat dijumpai secara alami pada ikan yang berminyak (seperti salmon, makarel, dan sarden), telur, dan daging. Bebrapa produsen menambahkan vitamin D ke dalam produk mereka seperti sereal sarapan, produk dari kedelai, beberapa produk susu, susu bubuk, dan margarin.

Sumber terbaik vitamin D adalah sinar matahari pagi yang mengenai kulit anda. Lama waktu yang dibutuhkan untuk berada di bawah sinar matahari berbeda tiap individunya, dan tergantung pada jenis kulit dan musim. Namun, anda tidak perlu berjemur di bawah sinar matahari karena jumlah matahari yang dibutuhkan tubuh untuk membuat vitamin D, kurang dari sinar matahari yang dapat membuat anda kecoklatan atau terbakar.

Jika kulit anda gelap atau selalu menutup kulit anda, mungkin anda beresiko kekurangan vitamin D. Konsultasikan pada bidan atau dokter jika ini menimpa anda.

Oleh: Handayani Rahayuningsih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading