Sukses

Parenting

Kelainan Pola Makan Anak - Macam

Ladies pasti senang jika anak tampak bersemangat makan dan tumbuh sehat. Bagaimana jika si kecil terkena gangguan pola makan? Ada beberapa gangguan pola makan pada anak dan remaja yang perlu Ladies ketahui.

Seperti yang dilansir dari children.webmd.com, beberapa gangguan pola makan dapat menggangu kebiasaan makannya bahkan mengancam kesehatannya. Kelainan pola makan tersebut antara lain:

- anoreksia: kekhawatiran anak takut gemuk yang berlebihan sehingga membuatnya sedikit makan atau bahkan menghindari jenis makanan tertentu

- bulimia: kondisi di ana anak makan banyak kemudian mencari cara untuk mebgeluarkannya, entah dengan memuntahkannya, mencari obat untuk melancarkan buang air besar, atau mungkin berolahraga berlebihan.

- binge eating: kondisi di mana anak makan sangat banyak

Kelainan pola makan anoreksia dan bulimia tersebut biasanya lebih sering terjadi pada remaja perempuan,sementara pada laki-laki sekitar 5-15%. Pada kelainan bing eating, presentase pada anak laki-laki meningkat yakni 35%.

Kelainan makan ini bisa saja terjadi akibat stres, rasa takut menjadi genuk, kurang percaya diri, dan anxiety disorder (kelainan psikologis berupa kecemasan yang berlebihan), lingkungan yang mencela keadaan fisiknya, hingga riwayat keluarga yang mengalami hal yang sama. Aktivitas anak seperti balet yang mensyaratkan tubuh kecil juga bisa mnejadi penyebab anak mengalami gangguan pola makan.

Sepertinya Ladies perlu melihat lebih teliti mengenai pola makan anak untuk mencegah hal ini.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading